Cara Ubah File Gambar menjadi File Pdf di HP Tanpa Aplikasi

Cara Ubah File Gambar menjadi File Pdf di HP Tanpa Aplikasi

Berbagai ragam kebutuhan dalam dunia digital saat ini membutuhkan ketrampilan kita sebagai pengguna Smartphone untuk menggunakannya dengan cerdas. Kalau ditelisik banyak manfaat dari HP yang kita gunakan sehari-hari namun tidak sedikit orang yang hanya memamnfaatkan untuk kebutuhan hiburan semata seperti bermain media sosial.

Tidak salah karena media sosial membuat kecanduan sampai kita lupa waktu. Namun alangkah lebih bijak jika menggunakan hal-hal yang lebih berdaya guna dan bermanfaat, seperti buat berdagang, menulis, membuat konten yang bermanfaat. Tak kalah penting jika kita mau, kita bisa mengeksplorasi apa saja hal-hal yang bisa dilakukan oleh ponsel cerdas yang tiap hari tidak lepas dari genggaman kita.

Sepertinya saya agak ngelantur ya, hehehe. Tapi gak ada salahnya untuk mengingatkan, jangan sampai HP malah membuat kita tidak produktif dan hanya membuang-buang waktu dengan terlalu lama bermain media sosial.

Salah satu hal yang ingin saya bagikan kali ini adalah cara membuat dokumen pdf tanpa aplikasi. Kita tahu terutama bagi kita yang akan melamar kerja seperti CPNS tentu saja tidak asing lagi dengan dokumen jenis yang satu ini. Tidak perlu saya jelaskan panjang ebar apa dan bagaimana itu dokumen pdf, namun singkatnya, kalau Anda pernah membuka komputer, biasanya diujung nya itu ada akhiran .pdf. Atau misalnya gambar berakhiran .jpg, atau .png. Sebetulnya banyak kok aplikasi android yang bisa digunakan untuk membuat file pdf, namun terkadang ada yang berbayar, dan tentu saja bagi yang memori HP nya kecil cukup menguras memori.

Banyak trik yang bisa dilakukan untuk membuat dokumen pdf, baik yang berasal dari dokumen lain seperti word, excel atau powerpoint, namun disini kita khususkan dari foto atau format gambar. Karena ini yang paling sering kita gunakan dalam praktek keseharian.

Oke langsung saja, kita ikuti bagaimana cara membuat dokumen pdf di HP android tanpa bantuan aplikasi.

Membuat dokumen pdf dari foto yang sudah ada.


1. Buka foto yang ingin dijadikan dokumen pdf.

2. Klik ikon tiga titik di bagian bawah

membuat dokumen pdf dari gambar


3. Pilih Cetak

Ada 2 pilihan, Simpan sebagai pdf atau Semua Printer... Nah pilih Simpan sebagai Pdf. Lalu klik tanda panah ke bawah berwarna kuning bertuliskan Pdf.

ubah gambar menjadi file pdf



4. Pilih atau klik salah satu folder untuk menyimpan file pdf tersebut. Misalnya disini saya pilih folder document, lalu klik simpan.

membuat dokumen pdf dari gambar jpeg


Untuk mencari dokumen yang sudah kita buat pdf tadi, silakan buka menu FILE SAYA di HP. Atau bisa menggunakan aplikasi file manager yg barangkali Anda instal. Namun saya mencari di file saya karena lebih mudah.

Buka Menu File Saya  > Klik Dokumen > Klik Documents




Maka akan terlihat foto yang sudah dijadikan file pdf tadi. Kalau disini namanya Shopee, karena itu foto hasil download di shopee, hehehe. Kita tinggal mengubah namanya saja, biar mudah ditemukan nantinya. Klik Ikon tiga titik di kanan atas. Pilih Ganti Nama, Nanti akan muncul tampilan untuk penggantian nama. Lalu Klik Ganti Nama. Selesai.


Nah demikian, sangat mudah membuat dokumen pdf dari foto di HP, tanpa download aplikasi yang mungkin memakan memori HP kita. Sebetulnya masih ada cara lain, nanti akan kita lanjutkan ya...








0 Comments: