LOGIN DAN CEK INFO GTK 2019-2020 - INFO JULAK

Monday, October 21, 2019

LOGIN DAN CEK INFO GTK 2019-2020

Sertifikasi guru merupakan penghargaan bagi guru. Prosesnya tentu saja tidak mudah dan perlu usaha yang cukup melelahkan. Namun jika selesai melaksanakan sertifikasi, guru berhak memperoleh tunjangan sebesar gaji pokok untuk PNS sedangkan bagi guru non PNS akan memperoleh tunjangan profesi sebesar 1,5 juta setiap bulannya, kecuali sudah inpassing maka tunjangan profesi (TPG) non PNS maka adalah sebesar gaji pokok PNS.

Untuk mendapatkan tunjangan profesi tersebut, guru juga wajib memenuhi persyaratan diantaranya wajib mengajar 24 jam pelajaran per minggu, memiliki NUPTK dan persyaratan lainnya. Sebelum proses pencairan tunjangan profesi itu, terlebih dulu diterbitkan SKTP. SKTP adalah Surat Keputusan Tunjangan Profesi. Nah untuk mengetahui status SKTP inilah diperlukan yang namanya Info GTK. Apa itu Info GTK tentu rekan-rekan guru sudah pada tahu semua yakni, sebuah halaman wesite milik kemdikbud yang disediakan bagi guru terutama untuk mengetahui status validasi tunjangan profesi.

Jika status validasi nya sudah benar atau valid atau valid dengan verifikasi dinas. Maka tak lama lagi SKTP guru akan segera terbit. Jika sudah terbit tentunya menunggu saja untuk pencairan tunjangan ke rekening masing-masing guru.

CARA LOGIN INFO GTK


Untuk login ke laman Info GTK ada berbagai macam cara baik oleh guru sendiri maupun bantuan operator dapodik sekolah. Kalau dulu untuk login ke Info GTK bisa lewat akun SIM PKB. Namun sekarang sudah tidak bisa. Baiklah kita ikuti cara login Info GTK selengkapnya



1. Login Info GTK lewat alamat http://info.gtk.kemdikbud.go.id/


Cara pertama login Info GTK guru adalah dengan menuju halaman web http://info.gtk.kemdikbud.go.id/. Ini bisa dilakukan baik lewat HP Smartphone maupun lewat komputer. Silakan buka browser Chrome atau Firefox kemudian ketikkan alamat website http://info.gtk.kemdikbud.go.id/. Jika sudah maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini

Jika lewat komputer halaman http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ akan nampak seperti di bawah ini.
Silakan lihat sisi sebelah kiri, pada menu login. Disitu tersedia form bagi guru untuk memasukkan account PTK dan password.

cara login di Info GTK
tampilan laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id/


Jika lewat HP akan terlihat seperti ini

cara login di Info GTK lewat http://info.gtk.kemdikbud.go.id/
login di infogtk

 

Cara mendapatkan account PTK 


Kalau semester atau tahun ajaran sebelum-sebelumnya untuk login ke info GTK bisa menggunakan user NUPTK, NRG atau NIK namun untuk tahun ajaran 2019/2020 ini untuk login ke Info GTK wajib memakai akun PTK. Cara mengetahui akun PTK ini silakan menghubungi operator dapodik, karena akun PTK ini harus diinput di aplikasi dapodik, jadi otomatis operator dapodik yang tahu semua akun PTK guru untuk keperluan login Info GTK.  

Jika sudah mendapatkan account PTK dari dapodik maka guru bisa mencoba login di Info GTK atau laman http://info.gtk.kemdikbud.go.id/. Caranya masukkan email pada form account PTK dan kemudian passwordnya. Lalu klik login.

 

Data Tidak ditemukan atau password salah saat login Info GTK

Berdasarkan laporan beberapa guru Saat mencoba login di Info GTK banyak terjadi kasus  "data tidak ditemukan" atau password salah. Mengapa ini terjadi karena beberapa alasan
1. Di dapodik belum dibuatkan akun PTK guru.
2. Di dapodik sudah dibuatkan akun PTK, namun proses penarikan data dari dapodik belum terupdate ke laman Info GTK sehingga data dianggap belum ada. 

3. Dapodik belum disinkronisasi  
4. Data Account PTK diubah email dan password sehingga memerlukan waktu sebelum data terupdate. Ini biasanya membutuhkan waktu 3-7 hari

Itu tadi penyebab data tidak ditemukan saat login info GTK lewat
http://info.gtk.kemdikbud.go.id/. Langkah yang bisa dilakukan guru jika tidak bisa login info GTK lewat situs diatas adalah lewat akun manajemen dapodikdasmen.
data tidak ditemukan cek info GTK
data tidak ditemukan cek info GTK

Keterangan Validasi Laman Info GTK

Jika kasus di atas tidak terjadi alias menggunakan account PTK untuk masuk info GTK lancar-lancar saja maka langkah selanjutnya adalah guru melihat status validasi tunjangan profesi. Biasanya akan muncul "Belum Valid" atau "Valid perlu verifikasi Dinas".

Valid dengan verifikasi Dinas ini maksudnya adalah proses verifikasi dan validasi perlu dilakukan terlebih dahulu oleh operator SIM tunjangan kabupaten/kota/propinsi sebelum status penerbitan SKTP. Proses ini tentu dilakukan setelah ada pemberkasan yang wajib dikumpulkan oleh guru kepada operator tunjangan dinas pendidikan.

 

Kasus Belum Valid


Jika data pada status validasi tunjangan profesi di Info GTK belum valid, bapak ibu guru tidak perlu risau. Kebanyakan yang terjadi karena memang Info GTK agak error. Intinya jika pengisian data rombel, jumlah jam mengajar, sekolah induk dan hal lain sudah benar diinput di aplikasi dapodik. Ya guru tinggal menunggu saja karena tak lama lagi juga akan valid dengan sendirinya. 


Silang merah pada Kelengkapan Data : golongan di BKN lebih rendah dari Dapodik atau tidak di temukan

Hal ini terjadi karena sampai saat ini bagi PNS yg mengalami kenaikan pangkat maupun KGB tahun 2019 baru TMTnya yang terbaca oleh infogtk sedangkan untuk golongan dan masa kerja belum ditarik sehingga  masih data lama...
efeknya data tidak linier dengan BKN dan Gaji Pokok belum cocok...
Solusi klu dapodik sdh yakin isiannta cukup d tunggu perubahan sistem d server infogtk


2. LOGIN INFO GTK LEWAT MANAJEMEN DAPODIK

Seperti disebutkan di atas banyak kasus guru yang gagal masuk ke Info GTK lewat website http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ dan sudah dijelaskan penyebabnya di atas. Tak perlu berkecil hati, guru bisa meminta bantuan operator sekolah untuk mengecek laman info GTK. Yakni lewat akun manajemen dapodik di alamat https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

mengecek laman info GTK. Yakni lewat akun manajemen dapodik di alamat https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

Untuk masuk ke laman ini adalah menggunakan user email dan password yang sama yang digunakan untuk login ke aplikasi dapodik. Jadi ya harus operator sekolah yang melakukannya. Bisa aja sih guru yang bersangkutan, namun namanya email dan password dapodik kan rahasia operator dapodik nanti ditakutkan akan bermasalah. Maka sebaiknya berkoordinasi dengan operator sekolah untuk minta tolong di cek kan Info GTK.

Nah demikian tadi 2 cara login dan cek Info GTK untuk mengetahui status SKTP atau validasi tunjangan profesi guru baik lewat http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ maupun
https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id/

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad