May 2018 - INFO JULAK

Thursday, May 31, 2018

Cara Daftar PPG Prajabatan Bersubsidi

1:57 PM 0
Kemenristek Dikti Resmi membuka pendaftaran Pendidikan Profesi Guru Prajabatan bersubsidi bantuan pendidikan untuk tahun 2018. Beberapa program Studi dibuka antara lain, Matematika, IPA, Teknik Elektronika, Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Agribisnis Hasil Pertanian Perikanan Produksi Tanaman dan Produksi ternak, Usaha Jasa Pariwisata dan Pelayaran,  PGSD, Pendidikan Jasmani dan rekreasi, Bimbingan konseling, Bahasa Indonesia, bahasa Inggris,  dan Perhotelan.

Sebelum mendaftar silakan dibaca persyaratan pendaftaran berikut ini:


  1. Lulusan S1/D4 program studi terakreditasi;
  2. Berusia setinggi-tingginya 28 tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember tahun pendaftaran;
  3. Program studi S1/D4 linier dengan bidang studi pada program PPG;
  4. Calon mahasiswa terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI);
  5. Mengupload foto, ijazah/SKL (Surat Keterangan Lulus), transkrip nilai
  6. Bebas Napza, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari BNN atau yang berwenang;
  7. Sehat jasmani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah;
  8. Sehat rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah;
  9. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian; dan
  10. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti program PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai Rp 6.000,00 dan disyahkan oleh Lurah/Kepala Desa.



Nah bagi yang pingin ikut daftar PPG Prajabatan Silakan ikuti dengan seksama caranya berikut ini. 
Bagi yang mau daftar PPG Prajabatan, berikut tahap-tahap pendaftaran hingga finalisasi data.

Ingat !!!
Finalkan data anda sebelum pendaftaran ditutup !!!

Karena tidak sedikit yang sudah mengisi data dan upload persayaratan tetapi tidak lulus berkas karena tidak mengklik 'submit', akhirnya tidak bisa lanjut ke tahap tes berikutnya yaitu tes online.

Baiklah cermati baik-baik ya temans.

1. Klik http://ppg.ristekdikti.go.id/daftar/index.php/pendaftaran/formulir/index lalu klik lanjutkan.

Cara Daftar PPG Prajabatan Bersubsidi

2. Pilih asal universitas dan lengkapi semua data yg diminta, klik lagi lanjutkan.



3. Jika data anda benar dan anda terdaftar di DIKTI, maka data anda akan keluar dan anda akan dapat memilih lokasi tes berikutnya, kemudian klik simpan.

Cara Daftar PPG Prajabatan Bersubsidi

4. Anda akan mendapatkan username dan password, masuk ke menu log in (pojok kiri atas) kemudian log in menggunakan username dan password tersebut.

Cara Daftar PPG Prajabatan Bersubsidi

5. Klik pada pojok kiri atas, pilih ikon orang, lalu masukkan semua data anda, dan upload persayaratan yang diminta. Harap mengupload sesuai permintaan jika anda ingin lulus seleksi berkas. (Scan transkrip jika dua halaman, dibuat gabung dalam satu foto, bisa dibuat kiri dan kanan, jangan dipisah menjadi 2 foto)

Cara Daftar PPG Prajabatan Bersubsidi

6. Teliti kembali data dan persyaratan yg sudah diupload, jika data sudah selesai, klik 'submit' (jika belum berubah, tahun lalu tulisannya seperti itu), kemudian akan muncul pemberitahuan bahwa anda sukses melalukan finalisasi pendaftaran.


7. Lihat dan cetak kartu bukti pendaftaran anda.

Cara Daftar PPG Prajabatan Bersubsidi

8. Pendaftaran PPG sudah selesai.

Saatnya anda menunggu pengumuman, apakah anda lulus seleksi berkas atau tidak.
Jika anda lulus, maka anda akan mendapatkan pengumuman melalui akun anda.
Jadi, jika pendaftaran sudah ditutup tanggal 6 Mei 2018, sejak saat itu rajin-rajinlah membuka website http://ppg.ristekdikti.go.id.

Belajarlah yang giat dan rajinlah beribadah serta berdoa kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa, sembari menunggu pengumuman seleksi berkas. Sebab, lulus tidaknya sangat ditentukan oleh usaha dan doa kita sendiri.

Beberapa saran yg harus dipelajari adalah:
1. Soal2 TOEFL Bahasa Inggris
2. Soal2 TPA (Tes Potensi Akademik)
3. Soal2 KEPRODIAN (sesuai bidang keahlian prodi masing2, termasuk didalamnya kemampuan pedagogik dan profesional sesuai bidangnya)
Read More

Wednesday, May 23, 2018

Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ke-13 Tahun 2018

11:21 PM 0
Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ke-13 Tahun 2018

 Sesuai mandat yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 15 Tahun 2017 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2018 (APBN 2018), Pemerintah melaksanakan kebijakan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji ke-13 untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI), pejabat negara, serta para pensiunan/penerima tunjangan. Kebijakan Gaji dan Pensiun ke-13 pernah dilakukan tahun 1979 dan mulai rutin diberikan sejak 2004, sedangkan kebijakan THR diberikan sejak tahun 2016. Pembayaran aparatur negara pusat  dan pensiun bersumber dari dana APBN 2018, sedangkan pembayaran untuk aparatur negara daerah bersumber dari APBD.

Alokasi anggaran pembayaran Gaji/Pensiun/Tunjangan ke-13 dan THR tahun 2018 sudah ditetapkan dalam APBN 2018 melalui pembahasan dan persetujuan DPR. Sejalan dengan kebijakan di bidang kepegawaian tersebut, kinerja pelaksanaan APBN 2018 dipastikan tetap aman dan terjaga dengan defisit tetap sesuai rencana UU APBN 2018. Pembayaran Gaji ke-13 dan THR tahun 2018 diharapkan dapat menyumbang  sektor riil dan ekonomi Indonesia dari Sabang sampai Merauke.


Pemberian THR tahun 2018 bertujuan untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri yang pembayarannya dilaksanakan pada bulan Juni 2018. Sementara, pemberian Gaji/Pensiun/Tunjangan ke-13 bertujuan untuk membantu pegawai dalam menghadapi tahun ajaran baru dan pembayarannya dilaksanakan pada bulan Juli 2018.

Kebijakan pemberian THR dan Gaji Ke-13 tahun 2018 ditetapkan Presiden dalam bentuk Peraturan Pemerintah kemudian Menteri Keuangan menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan sebagai petunjuk teknis pelaksanaan pembayaran THR dan Gaji ke-13.

THR tahun 2018 untuk aparatur pemerintah dibayarkan sebesar gaji pokok, tunjangan umum, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan kinerja. Sementara,
THR untuk pensiun dibayarkan sebesar pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan/atau tunjangan tambahan penghasilan. Pada Tahun 2017, THR hanya diberikan kepada aparatur Pemerintah sebesar gaji pokok tanpa tunjangan, sedangkan untuk pensiunan tidak diberikan THR.

Gaji ke-13 untuk aparatur Pemerintah dibayarkan sebesar gaji pokok, tunjangan umum, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, dan tunjangan kinerja. Sementara, untuk Pensiun ke-13 dibayarkan sebesar pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan/atau tunjangan tambahan penghasilan.

Pengajuan permintaan pembayaran THR oleh satuan kerja kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) dapat dimulai pada akhir bulan Mei 2018, dan diharapkan seluruh pembayaran THR tahun 2018 dapat selesai dilaksanakan pada awal Juni sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Sementara, pengajuan permintaan pembayaran Gaji/Pensiun/Tunjangan ke-13 oleh satuan kerja kepada KPPN dapat dilaksanakan mulai akhir bulan Juni 2018, agar dapat dibayarkan pada awal bulan Juli 2018 secara bersamaan untuk aparat Pemerintah maupun para penerima pensiun.

Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota diharapkan dapat menyelaraskan waktu pembayaran THR dan Gaji ke-13 bagi ASN Daerah sesuai dengan Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri Keuangan.

Rencana pembayaran Gaji/Pensiun/Tunjangan ke-13 dan THR tahun 2018 adalah sebesar Rp35.76 triliun atau meningkat 68,92% dari pembayaran tahun 2017 dengan rincian sebagai berikut:

THR Gaji sebesar Rp5,24 triliun;
THR Tunjangan Kinerja sebesar Rp5,79 triliun (kebijakan baru tahun 2018);
THR Pensiun sebesar Rp6,85 triliun (kebijakan baru tahun 2018);
Gaji ke-13 sebesar Rp5,24 triliun;
Tunjangan Kinerja ke-13 sebesar Rp5,79 triliun; dan
Pensiun/Tunjangan ke-13 sebesar Rp6,85 triliun.
Read More

Tuesday, May 8, 2018

Mau Casting, Pilih Piranti Spinning atau Baitcasting (BC)?

12:11 AM 0
Secara umum teknik casting yang populer dalam mancing gabus menggunakan 2 jenis piranti yakni spinning dan piranti BC (baitcasting). Mana yang terbaik diantara keduanya? Apa saja perbedaan dan keunggulan serta kekurangan masing-masing? Dalam artikel kali ini akan dibahas hal tersebut, siapa tau rekan calon caster alias gabusser bingung memilih-milih diantara keduanya. Atau masih belum tahu apa itu spinning apa pula itu piranti BC.

A. Piranti Spinning 


Istilah Spinning berasal dari kata Spin bahasa Inggris yang berarti berputar. Spinning maknanya pemintalan. Agak gak nyambung ya kalo dihubungkan dengan dunia mancing. wkwkwk... Ya udah langsung aja ke poin pembicaraan. Jadi yang dimaksud dengan piranti spinning adalah suatu alat memancing yang terdiri dari joran dan reel (penggulung senar). Spinning merupakan satu set alat pancing yang paling banyak dan umum ditemui dan saya yakin rekan angler sering melihatnya walaupun sebelumnya tidak tau istilah tersebut. Udah lihat gambar aja deh.


Spinning Reel
spinning rod joran spinning

Jadi kedua alat diatas yang dinamakan piranti spinning.

Karena digunakan untuk casting (lempar berulang-ulang) biasanya joran terbuat dari bahan carbon berlubang sehingga ringan.

Kelebihan  piranti spinning. 
  • Harga relatif lebih murah jika dibandingkan piranti BC. Reel Spinning bisa dijangkau bagi yang berkantong tipis dari harga 50ribuan tersedia. Harga jorannya pun tidak menguras dompet, dari yang harga termurah 100 ribuan tinggal pilih mau yang merk apa.
  • Bisa dipakai untuk mancing teknik lain seperti mancing dasaran dll. 
Kekurangan spinning untuk casting

Berdasar pengalaman, salah satu kekurangan memakai spinning untuk casting adalah dari aspek ketepatan lemparan serta jauhnya jarak lemparan lure. Jika memakai spinning gulungan benang PE harus pas untuk mencapai posisi lemparan terjauh. Bayangkan jika senar PE kita putus beberapa meter, otomatis akan berkurang dan saat melempar akan terhalang/tersendat hingga mempengaruhi jauhnya lemparan lure. Hal ini pula yang bisa menyebabkan lemparan menjadi kurang akurat, artinya posisi jatuhnya umpan tidak sesuai pada titik yang diinginkan.


B. Piranti Baitcasting (BC)


Sebutan BC atau baitcasting sebenarnya hanya istilah populer saja. Karena casting paling cocok dan pas ya menggunakan set BC ini. Silakan dilihat reel dan joran khusus BC di bawah ini.

reel baitcasting (BC)
Diatas adalah jenis reel yang khusus digunakan untuk piranti BC. 

rod n reel BC
Sedangkan gambar diatas adalah joran yang dipasangkan dengan reel BC. Perbedaan mendasar jorang spinning dengan baitcasting terletak pada handle (pegangan) dan ring guide (cincin penahan benang/nilon). Kalau pegangan pada spinning polos saja, sedangkan pegangan joran BC ada tonjolan untuk menahan posisi jari yang berfungsi agar posisi joran mantap alias tidak mudah goyang. Untuk posisi ring guidenya pada spinning semakin dekat dengan reel semakin tinggi atau lebih tinggi dibanding joran BC. Sama dengan joran Spinning, joran BC umumnya terbuat dari bahan carbon yang ringan, kuat namun lentur.

Keutamaan casting menggunakan piranti BC

Angler profesional tentu saja sebagian besar menggunakan piranti BC, mengapa? Hal pertama tentunya dengan menggunakan set BC ini bisa menggunakan berbagai macam teknik seperti teknik sulit skipping yang sulit dilakukan jika menggunakan piranti spinning.
Kebalikan dari kekurangan spinning diatas, walaupun senar pada reel berkurang, tidak otomatis berpengaruh besar terhadap jarak lemparan lure. Misalnya kita pasang 50 meter senar, kemudian terputus 5 - 10 meter tidak berpengaruh apa-apa. Selain itu jika menggunakan piranti BC ketepatan saat melempar dan jatuhnya umpan lebih bagus dibanding piranti spinning.

Kekurangan piranti BC

Tentu saja harganya lebih mahal dibanding spinning, sejauh pengetahuan penulis, harga termurah reel BC sekitar 300ribuan dan jorannya seharga 200ribuan. Jadi bagi yang bermodal tipis, mesti mikir dua kali untuk memakai piranti BC ini.
Dari aspek pemakaian, khususnya pemula akan kesulitan memakai piranti BC untuk casting terutama saat melempar lure. Kebanyakan pemula yang memakai BC pasti menemui yang namanya "backlash" atau senar kusut. Hal ini disebabkan karena teknik melempar yang salah serta setting reel yang kurang pas. Mereka yang sudah pengalaman pun tidak jarang mengalami hal ini, biasanya sih gara-gara umpan tersangkut di pepohonan atau ranting di belakang pemancing. Dari segi waktu hal ini tentu saja merugikan, karena banyak waktu yang terbuang untuk mengurai kembali senar PE yang kusut di reel tadi.
senar PE kusut atau backlash pada reel BC
senar PE kusut atau backlash pada reel BC
Nah demikian sedikit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan piranti spinning dan BC dalam casting. Pilih yang mana? Tentunya banyak aspek yang perlu diperhatikan. Kalau banyak modal, bisa pakai BC. Kalau takut kusut terus ya pakai spinning ajah. Akhirnya semua terpulang kepada kita sendiri. Oh ya kalau admin  sih di awal belajar casting memakai spinning kemudian berlaih memakai piranti BC. Jadi Min, mana yang enak pake Spinning atau BC? Kalau bicara enaknya ya pasti enak pakai BC.

Read More

Monday, May 7, 2018

Video Panduan Mengerjakan Soal Pretes Online

9:03 AM 0
Pretes sedang dilaksanakan di beberapa daerah. Bagi bapak ibu yang belum pernah atau lupa cara mengerjakan UKG online atau pretes bisa melihat video yang kami bagikan di bawah ini.

Barangkali ada dari Bapak Ibu guru yang masih bingung dan bertanya-tanya bagaimanakah sebenarnya cara mengerjakan soal UKG secara online. Video di bawah ini berisi panduan cara pelaksanaan UKG online, ya anggaplah simulasi pretes, jadi walau sedikit saja, Bapak Ibu guru tahu bagaimana nanti tampilannya saat hari H pelaksanaan UKG.

Silakan disimak video di bawah ini:



Untuk tampilan lebih besar bisa dibuka di tautan ini
Read More

Post Top Ad